makanan khas kudus dan resepnya

4 Makanan Khas Kudus yang Bikin Kamu Ngiler

By Santri

February 18, 2019

Kota Kudus tidak hanya tersohor berkat sejarahnya dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kota dengan ikon Menara Kudus ini dapat didatangi oleh para peziarah berawal menara Kudusnya, sampai makam Sunan Muria yang ternama. Selain wisata sejarah, wisata kuliner di Kudus jangan sampai engkau tinggalkan.

Beragam jajanan di Kudus Jawa Tengah dapat menggoyang lidah kamu. Bagi Anda yang senang wisata kuliner, banyak sekali kuliner khas Kudus yang dapat Anda nikmati. Perlu Anda tahu, di Kudus terkenal dengan daging kerbau nya.

Hal tersebut adalah bagian dari sejarah, di mana ketika Sunan Kudus hendak mendakwahkan Islam di Kudus, Sunan Kudus berusaha untuk menghormati agama lainnya yakni agama Hindu yang menghormati sapi. Mengangkat tinggi toleransi beragama, Sunan Kudus mengarahkan buat lebih memilih menggorok kerbau dibanding sapi. Empat makanan khas Kudus bakal kita ulas di sini.

1. Soto Kudus

makanan khas kudus dan resepnya

Makanan satu ini sudah beken sejak lama. Tetapi, banyak orang yang belum mengetahui ragam Soto Kudus yang sebenarnya yakni memakai daging kerbau namun ada juga yang memakai daging ayam. Zaman dahulu saat Sunan Kudus tiba di Kudus beliau membuat pantangan memotong sapi buat menghargai masyarakat asli Kudus yang mayoritas beragama Hindu.

Kebiasaan ini masih ada hingga sekarang walaupun sebagian orang sudah berani menyembelih sapi saat Idul Adha dengan dalih sudah tak ada orang Hindu di Kudus. Selain daging yang digunakan, isian lainnya pula berbeda. Jika Soto Semarang menggunakan imbuhan soun serta telur ayam, Soto Kudus Cuma kecambah, daun bawang, & seledri.

2. Lentog Tanjung

makanan khas kudus yang terkenal

Lentog Tanjung adalah makanan khas Kabupaten Kudus yang minim ditemui di luar daerah mulanya. Lentog yang bermakna lontong dan Tanjung yang berarti dusun Tanjungkarang daerah asal kuliner ini. Makanan ini banyak di cari untuk sajian sarapan. Di Kabupaten Kudus ada pusat penjualan Lentog Tanjung yaitu di sebelah Utara simpang lima jalan lingkar Tanjungkarang.

Setiap hari libur daerah itu ramai penjelajah yang tidak Cuma dari Kudus tetapi juga dari luar kota. Makanan ini Cuma terdiri dari lontong yang potong-potong kecil-kecil, lodeh tahu, dan sayur nangka muda yang dicampur sam sambal cair. Selain minim ditemui di luar Kudus, kekhasan kuliner ini terdapat pada lontongnya yang besarnya mencapai paha orang dewasa.

3. Garang Asem

makanan khas kudus malam hari

Garang Asem yaitu kuliner tradisional khas Jawa Tengah. Garam asem adalah masakan dari ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang & didominasi oleh rasa asam dan pedas. Sebagian kota di provinsi Jawa Tengah mempunyai makanan kuno ini. Seperti halnya Semarang, Demak, Kudus, Pati, dan Pekalongan. Garang asem rata-rata disajikan untuk lauk pendamping nasi, ditambah sama tusukan ayam asam manis, tempe goreng, serta perkedel.

4. Parijoto

makanan ringan khas kudus

Yang satu ini tidak kuliner olahan melainkan buah unik asal lereng Muria. Buah ini sekadar tumbuh subur di lereng Gunung Muria saja sehingga banyak pengunjung yang membelinya untuk oleh-oleh khas Gunung Muria Kabupaten Kudus. Selain sebagai makanan khas Kudus, Parijoto juga diwujudkan sebagai motif batik Kudus.

Semua makanan khas Kudus ini salah satunya biasanya dijadikan sebagai menu utama dalam usaha nasi kotak kudus. Baik itu soto kudus, lontong tanjung, garang asem ataupun makanan khas Kudus lainnya.

About Santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: