perbedaan jenis keris

√ Perbedaan Jenis Keris yang Perlu Anda Ketahui

By Santri

February 18, 2019

Perbedaan jenis keris – Pada zaman sekarang ada dua jenis keris jawa yang diketahui oleh masyarakat. Keris ini yaitu yaitu jenis keris tayuhan dan keris ageman. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa semua keris merupakan keris ageman yang dapat di manfaatkan tuah nya untuk kepentingan masing-masing.

Hal ini tidak bisa dikatakan sama, karena dari kedua keris tersebut mempunyai nilai dan keunggulan masing-masing. Bahkan dari kedua keris tersebut mempunyai kegunanaan sesuai dengan porsi keris itu sendiri.

Perbedaan Jenis Keris

Berikut ini akan kami jelaskan teerkait dengan perbedaan jenis keris Tayuhan dengan keris Ageman yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan pengetahuan mengenai jenis keris.

Keris Tayuhan

perbedaan jenis keris

Keris tahuyan ialah keris yang pembuatannya menitik beratkan pada keghaiban. Hal ni bertujuan untuk tuah yang dihasilka dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemiliknya. Dari segi bentuk, keris ini tampak sederhana dan bahkan tidak mempunyai seni dan kemewahan.

Dalm ilmu Jawa, keris ini mempunyai kesan wingit, angker dan memancarkan perbawa. Bahkan selain itu keris ini sedikit agak angker ketimbang keris lainnya. Keris yang satu ini juga tidak seindah dengan keris lainnya.

Keris ini mempunyai kesederhanaan dalam segi tilam upih, jalan dinding, kebo lajer, bukan jenis dhapur yang mewah semacam naga sastra atau singo barong. Sehingga keris ini memang sangat beda dengan keris yang jenis Ageman.

Meskipun tidak mempunyai nilai seni, namun keris ini memiiki nilai kegaiban didalamnya sehingga keris ini sering dimanfaatkan oleh para orang yang kental dengan dunia mistis. Karena Keris tayuhan memiliki pancaran energi yang lebih kuat sehingga terkesan lebih wingit atau seram.

Keris Tayuhan ini juga menjadi senjata tradisional Bali, Namun keris yang berasal dari Pulau Bali memiliki ciri khas yang sangat istimewa dibandingkan dengan senjata tradisional daerah lainnya.

Keris Ageman

perbedaan Jenis keris

Keris Ageman ini berbeda dengan keris tayuhan yaitu keris ini lebih mementingkan keindahan dankeunikan ketimbang dengaan sisi kegaiban. Pada umumnya jenis keris ini memiliki penampilan luar yang sangat elegan dan indah dengan berbagai aksesorisnya.

Meskipun keris ageman ini tidak menekankan dala pada sisi kegaiban namun tuah yang ada didalamnya masih diharapkan.

Dalam suatu upacara adat, jenis keris ini sering dijadikan sebagai bahan pajangan atau perhiasan dalam panggung. Walaupun jenis keris ini menitik beratkan dalam aspek keidahan, akan tetapi cara pembuatannya tetap mengikuti aturan pembuatan keris pada umumnya.

Akan tetapi ada sesepuh yang bernama dengan Mbah Nasir memiliki pandangan lain terkait penilaian sebuah keris. Beliau bilang bahwa dalam keris lebih menekankan pada aspek sejarah keris itu sendiri. Pada awalnya keris keris keris di ciptakan hanya untuk kesaktian dan kekuasaan yang merupakan perlambang dari sebuah setatus sosial yang di miliki oleh pemiliknya.

Dalam proses pembuatannya, empu keris tidak pernah mengutamakan dari aspeknya saja. Akan tetapi beliua melakukan dengan seimbanhg yaitu dengan memperindah tampilan dan isi didalamnya.

Untuk koleksi jenis keris mbah Nasir sendiri merupakan jenis kering yang termasuk dalam keris tayuhan yang mana keris itu memunyai tuah utama sebagai penghasilan, keharmoni sandan pemikat. Tuaah yang terdapat di keris itu akan bekerja sesuai dengan karakter pemiliknya dan meningkatkan energy penghasilan dari dalam dirinya.

Hal ini bertujuan agar orang yanga ada disekelilingnya memberikan rasa simpatik terhadap orang yang menggunakan keris tersebut.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenaid mengenai dengan jeis keris yang menurut masayarakat Jawa dan pengakuan orang lainnya.

About Santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: